Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Raih Juara Pertama Lomba Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Terbaik di Sumatera Utara Tahun 2019

 

Seperti yang di utarakan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga, Lysnah Siahaan S.E. bahwa tahun ini Dinas Perpustakaan Kota Sibolga berhasil meraih Juara Pertama untuk kategori Lomba Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Terbaik se-Sumatera Utara. Sedangkan dua lainnya seperti Lomba Perpustakaan Rumah Ibadah Terbaik se-Sumatera Utara, Masjid Agung Kota Sibolga meraih Juara II dan untuk Lomba Perpustakaan Umum Kecamatan terbaik se-Sumatera Utara, Kecamatan Sibolga Selatan meraih Juara harapan I.

 

 

 

 

 

Selanjutnya Lysnah Siahaan menyampaikan bahwa upaya dalam pembinaan Perpustakaan di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga telah dilakukan dengan maksimal, mudah-mudahan kedepannya Dinas Perpustakaan Kota Sibolga dapat lebih meningkat lagi, Dinas Perpustakaan Kota Sibolga juga akan terus berbenah diri untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat Kota Sibolga dengan peningkatan mutu layanan perpustakaan dan peningkatan fasilitas di Perpustakaan Kota Sibolga. Sedangkan khususnya kepada pemenang Lomba Perpustakaan, Lysnah menyampaikan "Selamat dan Sukses atas keberhasilan kita bersama. Semoga tahun depan dapat kita pertahankan dan tingkatkan lagi", cetusnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengharapkan adanya kerja nyata untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Harapan saya tentunya minat baca di Sumater Utara ini semakin meningkat karena buku itu sumber pengetahuan. Dengan bukulah kita bisa meningkatkan kualitas diri. Untuk itu perlu bagi peprustakaan-perpustakaan kita mengikuti perkembangan zaman, perkembangan teknologi, agar tidak ditinggalkan orang. Tempatnya juga harus nyaman, ditambah dengan buku-buku yang menarik." Ujar Gubernur.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang hadir bersama istri yang juga ketua TP PKK Sumatera Utara, Nawal Lubis menyampaikan agar acara-acara seperti tidak hanya sebatas seremonial saja, tetapi juga dibarengi dengan kerja nyata dalam meningkatkan minat baca masyarakat Sumatera Utara. "Dulu kita ini salah Provinsi yang maju, tetapi sekarang coba lihat. Berarti orang tua kita-kita lebih baik dari kita. Kenapa kebanyakan dari kita hanya lakukan kegiatan-kegiatan seremonial saja. Jadi, saya sangat berharap di sini tidak terjadi seperti itu." katanya.

 

 

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Utara, Ferlin H. Nainggolan mengatakan, bersama pengurus baru GPMB Sumatera Utara akan meningkatkan kualitas-kualitas Perpustakaan yang ada si Sumatera Utara, dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Berdasarkan kunjungan ke Peprustakaan, menunjukkan adanya peningkatan minat baca tiap tahunnya. Pada 2015 sebanyak 80 ribu orang, tahun 2016 sebanyak 125 ribu orang dan tahun 2017 sebanyak 300 ribu orang.

"Minat baca kita setiap tahunnya meningkat, kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca berarti. Jadi, sekarang kita perlu terus meningkat kualitas dan kenyamanan perpustakaan bersama dengan pengurus baru GPMB Sumatera Utara. Perpustakaan juga perlu mengikuti perkembangan zaman  seperti yang di katakan pak Edy Rahmady." kata Ferlin.

Pada Lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Teladan Sumatera Utara tahun 2019 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Utara itu terpilih sebagai juara pertama di tingkat SD adalah SD Swasta Widya Dharma, tingkat SLTP adalah SMP Negeri 7 Tanjung Balai, tingkat SMA/SMK/MAN adalah MAN Asahan, tingkat Univeristas adalah Institut Teknologi DEL dan tingkat taman bacaan terbaik diraih TBM Pena Labuhan Batu. Untuk tingkat di Sumatera Utara juara pertama diraih Dinas Perpustakaan Kota Sibolga, tingkat Kecamatan dimenangkan Pepustakaan Kecamatan Padang Hulu.

Pada kategori Perpustakaan Khusus, juara pertama diraih RSUD Pringadi dan untuk tingkat rumah ibadah jatuh pada Masjid Al-Badar Medan. Sedangkan Pustakawan Teladan dimenangkan oleh Irsyad Hanif Hutagalung dari Perpustakaan Universitas Medan Area.

Selain penyerahan hadiah kepada pemenang lomba, Gubernur Sumatera Edy Rahmayadi Rahmayadi juga melantik pengurus baru Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2022, yang diketuai TP-PKK Sumatera Utara, Nawal Lubis dengan anggota rektor USU, UNIMED, UINSU, UMSU dan Sutias Handayani (Ketua periode 2014-2017).

Turut hadir Direktur Utama RSUD Pirngadi Medan, dr. Suryadi Panjaitan, pengurus Peprustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, pengurus daerah GPMB Provinsi Sumatera Utara dan para pememang Lomba Peprustakaan Terbaik dan Pustakawan Teladan Sumatera Utara. Riz-Tim

Related Article