Upaya Dinas Perpustakaan Kota Sibolga dalam Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 (Coronavirus)

 

Kampanye cuci tangan pakai sabun kembali didengungkan di tengah wabah virus Covid-19 (Coronavirus) yang menjangkiti puluhan negara di dunia. Cuci tangan jadi langkah utama yang direkomendasikan ahli kesehatan dan dokter, bahkan ada seruan khusus dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

 

Tak hanya setelah menggunakan toilet, praktik mencuci tangan juga perlu dilakukan sebelum makan atau saat menyentuh makanan, setelah batuk, bersin, juga setelah mengurus anak atau orang yang sakit. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik untuk memastikan tangan sudah bersih.

 

Mari tetap waspada dan biasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS),serta mengurangi aktivitas di luar rumah dan menghindari kerumunan/pertemuan orang banyak untuk sementara. (Anj)

 

 

Selain mencuci tangan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah merilis langkah pencegahan lain yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari: Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau secara teratur bersihkan tangan dengan antiseptik berbasis alkohol. Pertahankan jarak setidaknya satu meter dari orang bersin atau batuk. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih. Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan bagian dalam. Jika mengalami demam, batuk dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis. Perbarui diri dengan perkembangan terbaru tentang penyakit Covid-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus corona baru. Jika terserang demam, batuk dan sulit bernapas, segera dapatkan saran medis.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Cegah Penularan Covid-19, Cuci Tangan Setelah Sentuh Benda-benda Ini, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2020/03/16/82745/cegah-penularan-covid-19-cuci-tangan-setelah-sentuh-benda-benda-ini

Penulis: Suara.com
Editor : M. Naufal Hafizh

Related Article