Bimtek Manajemen Bagi Pengelola Perpustakaan

Adapun tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah untuk menumbuh-kembangkan budaya gemar membaca para anak didik dan masyarakat yang di awali sejak dini, sehingga pengelola perpustakaan perlu dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan melalui bimbingan teknis manajemen pengelola perpustakaan.

Kepala Kantor (Kakan) Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga Lysnah  Siahaan, SE dalam laporannya  mengatakan, bimtek ini dilaksanakan Dua (2) gelombang, dengan jumlah peserta keseluruhan 100 orang.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk melalui Josua Hutapea dalam sambutanya menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada panitia dan peserta  yang dengan antusias menghadiri dan mengikuti acara bimtek ini, secara khusus kepada narasumber dari Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Propinsi Sumatera Utara yang akan mentransfer ilmu menyangkut tentang Manajemen pengelolahan perpustakaan. Dan beliau berharap kedepannya pengelolaan perpustakaan di Kota Sibolga semakin baik, maju dan semakin berkualitas.

Sebelumnya, beliau mengatakan bahwa perpustakan merupakan institusi pengelola karya cetak/ tulis dan karya rekam yang dikelola secara sistematis, profesional dan baku untuk kebutuhan pendidikan, penelitian,  informasi. Keberadaan perpustakaan yang telah merambah berbagai lapisan masyarakat perlu difungsikan secara semaksimal, sehingga tujuan untuk meningkatkan pengelolaan pustakawan baik di lingkup sekolah, pemerintah, kecamatan dan kelurahan dapat tercapai. Selain itu, untuk menumbuh-kembangkan budaya gemar membaca dapat dicapai di mulai melalui bimtek ini, ungkap beliau.

Dalam bimtek ini, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga menghadirkan narasumber Cinta Ulina Barus, S.Sos dan Penny Simamora, S.Sos, keduanya adalah pustakawan madya dari Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara.

Sumber: http://www.sibolgakota.go.id/index.php/profil/sejarah-kota/115-laporan-liputan/832-bimtek-pustakawan