Lomba Membaca Cepat, Tepat dan Membuat Sinopsis Tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Sibolga

Peserta lomba membaca cepat, tepat dan membuat sinopsis tingkat SLTP dan SLTA ini terdiri dari sebelas (11) orang SLTP dan tingkat SLTA sepuluh (10) orang. Dimana para pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan.

Kakan Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga, Lysnah Siahaan, SE dalam mengawali sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan lomba membaca cepat, tepat dan membuat sinopsis ini baru pertama sekali diadakan di Kota Sibolga, dengan maksud dan tujuan untuk lebih meningkatkan/mengembangakan minat/budaya baca bagi para pelajar serta peningkatan kemampuan teknik mengambil ikhtisar, ringkasan atau abstraksi kerangka/karya yang telah dibaca dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Wali Kota Sibolga melalui Juneidi Tanjung, menjelaskan bahwa buku sebagai media transformasi dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan dapat menembus batas-batas geografis suatu negara, sehingga ilmu pengetahuan dapat dikomunikasikan dan digunakan dengan cepat diberbagai belahan dunia.

“Semakin banyak membaca buku, semakin bertambah wawasan kita terhadap permasalahan di dunia dan inilah kenapa buku disebut sebagai jendela dunia,” ucap Juneidi.

Melalui kegiatan ini, Wali Kota menaruh harapan besar menghasilkan generasi muda yang memiliki ilmu pengetahuan yang lebih, sehingga siswa-siswi menjadi “aware (sadar)”dalam menguasai setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru melalui buku-buku bermutu yang dibaca oleh anak didik.

“Harapan saya, prestasi yang diraih oleh para peserta pemenang lomba membaca dengan cepat, tepat serta kemampuan membuat sinopsis, disetiap tingkatan baik SLTP maupun SLTA nantinya dapat dijadikan sebagai pemicu semangat, untuk lebih giat lagi memanfaatkan buku bacaan perpustakaan dan buku-buku pelajaran disekolah sebagai sumber belajar,” pungkas Wali Kota.

Dalam lomba ini, di tingkat SLTA, Muhammad Reza Aulia (asal SMA Negeri 1 Sibolga) keluar sebagai juara satu (1) disusul Ferdi Perdana Putra (SMA Swasta Tri Ratna Sibolga) sebagai juara ke dua (2), juara tiga (3) diraih oleh Timor Gabe H. Siahaan. Untuk tingkat SLTP juara satu (1) diraih oleh Elok Sirsharira Rinjani (SMP Negeri 3 Sibolga), juara dua (2) diraih oleh Mariana Claudya Banjarnahor (SMP Tri Ratna Sibolga) dan Angelia Ramadhani ( Mts. Negeri Sibolga) menyusul sebagai juara ke tiga (3).

Sumber: http://sibolgakota.go.id/index.php/component/content/article/115-laporan-liputan/917-lomba-membaca-cepat