Lomba Bercerita Rakyat Sumatera Utara Tingkat SD/MI sederajat se-Kota Sibolga

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga Lysnah Siahaan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan lomba ini bertujuan sebagai sarana pengembangan pembudayaan kegemaran membaca bagi para pelajar tingkat SD/MI sederajat, menggali bakat/potensi diri pelajar, sebagai wadah menuangkan imajinasi, ide dan kreasi pelajar kedalam bentuk cerita dengan bahasa Indonesia yang baik dan terstruktur, serta menambah pengetahuan dan kecintaan pelajar terhadap cerita rakyat sumatera utara.

Lanjut Lysnah, peserta lomba bercerita tingkat SD/MI ini sebanyak enam puluh tiga (63) yang terdiri dari putra sebanyak tiga puluh satu (31) orang dan peserta putri sebanyak tiga puluh dua (32) orang. Dan untuk peserta lomba yang akan dikirim mewakili Kota Sibolga untuk lomba bercerita rakyat tingkat provinsi adalah 1 (satu) orang peserta yang memiliki nilai tertinggi dari seluruh peserta lomba baik putra maupun putri.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga yang diwakili oleh Staf Ahli Yasman dalam sambutannya berharap, melalui kegiatan lomba bercerita ini, para siswa dituntut untuk lebih mencintai cerita rakyat dibandingkan cerita fiksi lainnya yang tidak mendidik.

“Mari kita ajak anak-anak kita ini sejak dini untuk mau membaca baik itu buku, koran atau majalah anak-anak yang sesuai dengan usia mereka, dengan membiasakan diri sejak kecil maka kelak nantinya mereka dewasa bisa menjadi anak yang berprestasi dan berintelaktual dan mampu bersaing ditengah arus globalisasi yang semakin ketat,” pungkas Yasman.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan selama dua (2) hari, dimulai dari tanggal 19 s/d 20 April. Peserta lomba akan dipilih terbaik I, II, III serta harapan I, II, dan III dari masing-masing kategori dan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan.

Sumber: http://sibolgakota.go.id/index.php/component/content/article/115-laporan-liputan/1021-lomba-bercerita-rakyat-sumut