Perpustakaan Kec. Sibolga Utara dan Perpustakaan Nauli Sibolga Raih Juara I dan III Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Sumatera Utara

 

            Selanjutnya Lysnah Siahaan menyampaikan bahwa upaya dalam pembinaan perpustakaan di lingkugan Pemerintah Kota Sibolga telah dilakukan dengan maksimal, muda-mudahan kedepanya Dinas Perpustakaan dapat menigkatkan lagi, Dinas Perpustakan Kota Sibolga juga sedang berbenah diri untuk dapat meningkatkan minat baca Masyarakat kota Sibolga dengan meningkatkan mutu layana perpustakaan dan peningkatan fasilitas di Perpustakaan Kota Sibolga, khusunya kepada Pemenag Lomba Perpustakaan lysna menyapaikan ucapan Selamat dan Sukses atas keberhasilanya.

Sedangkan Kadis Perpustakaan dan Arsip Prov­su, Ferlin H Nainggolan saat, SH me­ngatakan, penyerahan peme­nang berbagai lomba ini hendaknya menjadi momentum untuk mening­kat­kan minat baca di Sumatera Utara.

Kepada para pemenang lomba hen­daknya terus meningkatkan pres­tasinya dan lebih giat lagi me­ning­katkan minat baca karena di an­tara juara diikutsertakan studi ban­ding ke Jawa Barat untuk meli­hat perpustakaan dan TBM terbaik. "Ilmu yang nantinya diperoleh harus diaplikasikan," katanya.

            Adapun pemenang lomba per­pus­takaan terbaik Sumut tahun 2017 yakni pemenang lomba per­pus­takaan SD, Juara I, II, III dan Harapan I, dan II yakni SD Negeri 165722 Tebing tinggi, SDN 132404 Tan­jungbalai, SDN 105855 PTPN VII Deliserdang, MIN Padang Bulan Labuhanbatu, SDN 100206 Napa Tapanuli Selatan.

Pemenang lomba perpustakaan SMP yakni Juara I, II, III dan Ha­rapan I dan II yakni SMP Negeri 1 Pan­tai Cermin Serdang Bedagai, SMPN 6 Tanjungbalai, SMPN 1 Tan­jung Tiram, SMPN 43 Medan, dan SMP Negeri Cinta Rakyat 1 Pe­matangsiantar. Pemenang lomba per­pustakaan desa/kelurahan yakni Per­pustakaan Desa Tumpatan Ni­bung Deliserdang (juara I), Desa Su­kanalu Kabupaten Karo (juara II), Perpustakaan Nauli Kelurahan Sibolga Ilir Kota-Sibolga (Juara III), dan Juara I dan II yakni Per­pus­takaan Al-Ikhlas Desa Kwala Gunung Kabupaten Batu­bara dan Perpustakaan Bangun Sari Pin­tar Kabupaten Batubara.

Pemenang lomba perpustakaan kecamatan yakni Perpustakaan Umum Kecamatan Sibolga Utara (juara I), Perpustakaan Umum Kecamatan Sayur Martinggi Kabu­pa­ten Tapsel (juara II), Perpus­ta­kaan Umum Kecamatan Rantau Utara Labuhanbatu (Juara III) dan Juara Harapan I dan II, Per­pus­takaan Umum Kecamatan Bajenis Te­bingtinggi dan Perpustakaan Umum Kecamatan Teluk Meng­kudu. Lomba Perpustakaan Pergu­ru­an Tinggi Swasta, Juara I, II dan III yakni Universitas HKBP Nom­mensen, Institut Teknologi Del Toba Samosir, Universitas Medan Area, dan Harapan I dan II yakni Poli­teknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan, dan STIKES Medistra Lubuk Pakam Deliserdang.

Sedangkan pemenang lomba perpustakaan khusus juara I, II dan III yakni Perpustakaan Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Perpusta­kaan Pengadilan Negeri Tebing­ting­gi, Perpustakaan RSUD dr Pir­ngadi Medan.

Juara harapan I dan II yakni Perpustakaan Kejaksaaan Ne­geri Serdang Bedagai, dan Perpusta­kaan Umum Rumah Taha­nan Ne­gara Labusel. Terakhir juara TBM, TBM Gema Wisesa Labu­han Batu (juara I), TBM Eliud Sa­mo­sir (juara II), TBM Ridha Asa­han (juara III) dan Harapan I dan II yakni TBM LEP Genesa Medan dan TBM Al Ilmu Serdang Bedagai.

Kegiatan ini dihadiri oleh dewan pakar perpus­ta­kaan,Nurdin Lubis, pengurus ber­bagai lembaga mitra dengan Dinas Per­pustakaan dan Arsip Provsu. Di antaranya, Ketua Dewan Perpus­ta­ka­an Provsu,  Prof Dr Hasim Purba dan pengurus, pengurus Ikatan Pus­takawan Indonesia (IPI) Sumut, pengu­rus Forum Masyaralat Lite­rasi Sumut (Formalsu) dihadiri Sek­jen Agus Marwan didampingi para pe­ngurus serta undangan lainnya. (Riz).

 

Related Article