Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Sibolga Tahun 2019

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini selalu disambut antusias dengan banyaknya peserta lomba yang berpartisipasi.

"Peserta lomba bercerita tingkat SD/MI sebanyak 48 (empat puluh delapan) peserta, teridi dari 23 (dua puluh tiga) peserta putri dan 25 (dua puluh lima) peserta putra," tutur Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga, Lysnah Siahaan, SE, kemarin.

Lysnah dalam laporannya menuturkan, tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk menggali bakat / potensi para pelajar di Kota Sibolga dalam bercerita rakyat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, untuk meningkatkan budaya literasi dan kegemaran membaca masyarakat khususnya para pelajar, dan untuk meningkatkan kepercayaan diri, kreatifitas, menambah daya saing, melatih mental berkompetisi, serta membangun jiwa sportif kepada para pelajar.

Kegiatan Lomba Bercerita Rakyat ini dibuka oleh Walikota Sibolga, Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara SKM, MM, Para pimpinan OPD Kota Sibolga, Serta camat dan Lurah se-Kota Sibolga.

Walikota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk MM, dalam sambutannya berharap, melalui kegiatan lomba bercerita ini, para siswa dituntut untuk lebih mencintai cerita rakyat dibandingkan cerita fiksi lainnya yang tidak mendidik.

“Mari kita ajak anak-anak kita ini sejak dini untuk mau membaca baik itu buku, koran atau majalah anak-anak yang sesuai dengan usia mereka, dengan membiasakan diri sejak kecil maka kelak nantinya mereka dewasa bisa menjadi anak yang berprestasi dan berintelektual dan mampu bersaing ditengah arus globalisasi yang semakin ketat,” pungkasnya.

Pada lomba itu peserta membawakan cerita tradisional di hadapan para peserta lain dengan waktu selama 10 menit. Mereka diperbolehkan membawa alat peraga untuk improvisasi cerita.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dimulai dari tanggal 27 s/d 28 Maret 2019 bertempat di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga. Peserta lomba akan dipilih terbaik I, II, III serta harapan I, II, dan III dari masing-masing kategori dan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan. Dan juara terbaik I dengan nilai skor tertinggi akan dikirim ke Lomba Bercerita Rakyat Tingkat Provinsi Sumatera Utara mewakili Kota Sibolga. (Anj/tim)

 

Related Article